Silabus Bahasa Indonesia SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu menyimak, mewicara, membaca, dan menulis. Kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan keempat keterampilan tersebut saling berhubungan dan saling mendukung dalam pengembangan tiga ranah utamanya, yakni pembelajaran berbahasa, bersastra, dan pengembangan literasi. Pembelajaran berbahasa Indonesia adalah pembelajaran tentang teori-teori kebahasaindonesiaan dan cara penggunaannya yang efektif. Peserta didik belajar tentang fungsi bahasa Indonesia sebagai sarana
berinteraksi secara efektif; membangun dan membina hubungan; mengungkapkan dan mempertukarkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berbahasa. Peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif, kalimat yang tertata dengan baik; termasuk ejaan dan, tanda bacanya. Pemahaman tentang bahasa sebagai penghela pengetahuan dan komunikasi diharapkan dapat menjadikan peserta didik sebagai penutur bahasa Indonesia yang komunikatif dan produktif.
Silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, namun lingkup dan substansinya tidak berkurang serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
DAFTAR ISI
I.PENDAHULUAN
A.Rasional
B.Kompetensi Lulusan Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Menengah
C.Kompetensi Bahasa Indonesia di Pendidikan Menengah
D.Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Indonesia
E.Pembelajaran dan Penilaian
FKontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Keunggulan dan Kebutuhan Daerah serta Peserta didik
II.KOMPETENSI DASAR, MATERI, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.Kelas VII
B.Kelas VIII
C.Kelas IX
Jika Anda merasa tulisan ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!
Baca Juga:
- Silabus PA Kristen SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus PAI SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus Bahasa Inggris SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus IPA SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus Matematika SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus PKn SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus PJOK SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus Seni Budaya SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus IPS SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Contoh Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2016 Semua Mapel
(Redaksi) Sumber http://www.informasiguru.com/
0 Response to "Silabus Bahasa Indonesia SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016"
Post a Comment